Rabu, 02 Juni 2010

Brush ur teeth!

Menyikat gigi setiap hari kita lakukan. Tapi sudahkah kita lakukan dengan benar? Karena sebenarnya bukan tipe sikat gigi atau merk pasta gigi yang mempengaruhi kesehatan dan putihnya gigi, tapi teknik menyikatnya.

Sikat gigi adalah alat untuk membersihkan gigi yang berbentuk sikat kecil dengan pegangan. Pasta gigi biasanya ditambahkan ke sikat gigi sebelum menggosok gigi. Sikat gigi banyak jenisnya, dari yang bulunya halus sampai kasar, bentuknya kecil sampai besar, dan berbagai desain pegangan. Kebanyakan dokter gigi menganjurkan penggunaan sikat yang lembut karena sikat keras dapat merusak lapisan enamel dan melukai gusi. Sikat gigi membersihkan secara efisien ketika bulu sikat yang berbentuk bundar disapukan pada permukaan gigi dengan sedikit tekanan.
Sikat gigi Anda dengan gerakan berputar kecil. Lakukan dari gigi bagian luar, dari belakang ke depan. Lanjutkan ke gigi bawah bagian dalam, lalu bagian dalam gigi atas. Setelah itu arahkan sikat untuk membersihkan permukaan gigi yang biasa Anda gunakan untuk mengunyah makanan.





Terakhir, sikat permukaan lidah. Ini berguna untuk mengangkat kelebihan plak dan meembersihkan jamur yanga da di permukaan lidah, sehingga menyikat giginya lebih komplit, lebih bersih gitu...

Caranya menyikat gigi adalah;

  1. letakkan posisi sikat 45 derajat terhadap gusi
  2. Gerakan sikat dari arah gusi kebawah untuk gigi rahang atas (seperti mencungkil)
  3. Gerakan sikat dari arah gusi ke atas untuk gigi rahang bawah
  4. Sikat seluruh permukaan yang menghadap bibir dan pipi serta permukaan dalam dan luar gigi dengan cara tersebut.
  5. Sikat permukaan kunyah gigi dari arah belakang ke depan.
Ada baiknya juga Anda mengimbangi teknik menyikat gigi dengan tipe sikat gigi yang baik. Pilih yang berkepala pendek, dengan bulu halus.

Sikat gigi dua kali sehari. Setelah sarapan, dan sebelum tidur. Pastikan Anda tidur dengan gigi bersih. Karena di malam hari aktivitas bakteri sangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar