Kamis, 25 Februari 2010

WM7 Jadi Andalan Microsoft di Pasar Smartphone

SEATTLE - Seiring dengan keterpurukannya menghadapi persaingan sistem operasi dengan RIM dan Apple, Microsoft pun menyadari untuk membuat sebuah 'senjata' baru.

Microsoft dikabarkan akan memperkenalkan software ponsel baru untuk pertama kalinya dalam ajang Mobile World Congress di Barcelona pekan depan. Perusahaan software terbesar di dunia ini berharap mendapatkan momentum yang benar dalam meraih kembali kejayaan mereka di pasar software ponsel.

Sebelumnya, Microsoft sudah dikenal sebagai pencipta software mobile melalui sistem operasi Windows Mobile. OS tersebut telah digunakan oleh beberapa vendor ponsel seperti HTC, Samsung, Motorola, dan lainnya.

Para analis memprediksi, software baru yang akan diperkenalkan Steve Ballmer pada MWC nanti adalah Windows Mobile 7. Pasalnya, menurut analis, Microsoft sudah semakin jauh tertinggal dalam industri OS ponsel pintar. Bahkan jika tidak ingin pamornya meredup, Microsoft sudah harus membenamkan software tersebut dalam ponsel-ponsel yang beredar pada awal tahun ini.

Saat ini, Blackberry besutan RIM sendiri telah berjaya dikalangan korporat, sedangkan untuk segmen konsumer, pamor iPhone milik Apple telah melekat.

Tahun lalu, menurut analisa perusahaan riset Canalys, Microsoft telah mampu meraih pangsa pasar sistem operasi ponsel pintar senilai 8,8 persen. Turun dari tahun sebelumnya yang mampu meraih 13,9 persen.

Sedangkan posisi pertama masih didominasi oleh Symbian milik Nokia dengan pangsa 47,2 persen, RIM Blackberry sebesar 20,8 persen dan Apple iPhone sebesar 15,1 persen.

Microsoft saat ini juga menghadapi kompetisi dari Google Android yang telah meraih pangsa pasar 4,7 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar