Rabu, 24 Februari 2010

Software Game, Bantu Asah Pola Otak Anak

Selain asupan nutrisi yang memadai, otak juga bisa distimulasi dengan piranti lunak.

Banyak cara untuk optimalkan perkembangan otak anak. Selain asupan nutrisi yang memadai, otak juga bisa distimulasi dengan piranti lunak.

Masa kanak-kanak adalah masa pertumbuhan. Bila ingin buah hati tumbuh optimal baik fisik maupun kecerdasannya, sebaiknya mulailah melakukannya sejak kecil. Mulai dari memberikan asupan nutrisi yang cukup hingga stimulasi mulai melalui permainan. Nah kini ada lagi cara baru untuk mengoptimalkan pertumbuhan otak buah hati, yakni melalui sebuah
software permainan.

Fast For Word, itulah nama piranti pintar tersebut.
Software ini yang diproduksi oleh Kidzgrow Indonesia ini telah digunakan oleh 6.000 sekolah di Amerika ini. Piranti lunak ini menjadi pilihan tepat bagi anak-anak saat ini untuk memacu akselerasi (percepatan) belajar anak dengan cara meningkatkan efisiensi kerja otak. Program ini dibuat setelah melalui serangkaian riset oleh ahli ilmu saraf selama 30 tahun.

Fast For Word terbagi dalam dua kategori yaitu Fast For Word Reading Series dan Fast For Word Language and Literacy Series. Fast For Word Reading Series diberikan kepada anak-anak yang membutuhkan pelatihan pengetahuan fonologi, fonemik, kefasihan, kosa kata, pemahaman,
decoding (penyusunan kode data atau penguraian sandi), memori, tata bahasa dan ketrampilan lainnya yang diperlukan untuk belajar membaca dan pemahaman baca yang lebih baik.

Program ini dapat membuat, apa yang dipelajari anak-anak lebih komperhensif. Dan stimulus yang diberikan dari
software ini bisa mempercepat kinerja otak karena membuat anak lebih peka terhadap suara.

Sedangkan untuk Fast For Word Language and Literacy Series, menjadi sebuah
software yang dirancang untuk membantu anak-anak yang mengalami kesulitan belajar (children with learning difficulties) seperti autisme, ADD, ADHD, serta dyslexia.

Menurut para ahli saraf, kesulitan belajar yang dialami anak-anak tersebut terjadi karena ketidakseimbangan pada pusat pendengaran, memori, dan fokus.

Prinsip kerja di balik perancangan
software ini sendiri adalah mampu membangun jaringan baru di dalam otak, yang bisa menguatkan MAPS (Memory-Attention- Processing-Sequencing) anak-anak.

Software ini dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai permainan komputer yang sangat menarik bagi anak ataupun siswa sekolah. Prinsip kerja kedua software ini sangatlah ilmiah.

Managing Director Brainfit International Pte, Ltd sekaligus pendiri PT Kidzgrow Indonesia Cheryl Chia mengatakan bahwa sistem tubuh anak bekerja lebih baik jika sehat.

Kuncinya adalah efisiensi dalam memproses informasi. Apapun bahasa yang dipakainya, siswa seluruh dunia menggunakan program Fast For Word untuk mengembangkan keterampilan kognitif mereka untuk keberhasilan akademis.

Software dengan teknologi yang dirancang secara scientific ini memang tadinya dibuat untuk anak-anak autis dan dyslexia, namun sekarang juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat untuk bisa membantu anak-anak lainnya agar bisa membaca dengan lebih baik. Prinsipnya, program Fast For Word ini adalah sebuah program web base yang digunakan dalam satu sesinya adalah selama 50 menit.

Sepanjang waktu tersebut, anak-anak mulai dirangsang kemampuan pendengarannya serta ingatannya.
Software game yang digunakan oleh anak-anak selama kurang dari satu jam itu akan menghubungkan otak agar lebih peka dengan suara yang mereka dengar. Sedangkan suara yang didengar mereka secara bersamaan akan mempercepat kemampuan otak untuk mengingat apa yang mereka lihat.

Selama dua hingga tiga bulan pemakaian, anak-anak yang mengikuti Fast For Word dipastikan akan mengalami perubahan
pattern otak. Pola otak itu yang nantinya akan menguatkan kekuatan membaca mereka. Stimulus yang diberikan oleh software ini pun berbeda dengan software game biasa yang banyak ditemukan di permainan anak-anak.

Software kami memberikan stimulus secara terstruktur, bukan secara random seperti mainan anak biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar