Kamis, 28 Januari 2010

Rio Taksi Juga Dipermak Kia

JAKARTA- Sedan Kia Rio yang selama ini banyak dipakai sebagai armada taksi ternyata tak luput dari perhatian PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Rio baru pun disiapkan untuk tahun ini.

Director KMI Hartanto Sukmono menyebutkan, New Kia Rio akan hadir di Indonesia semester pertama tahun ini. "Sama seperti Pride, kita akan hadirkan tidak lama lagi," ucapnya di sela acara Kia Media Gathering di Mall of Indonesia, Jakarta, Rabu (27/1/2010).

Selain jadwal peluncuran yang hampir berdekatan dengan Kia Pride, sedan yang juga rencananya bakal ditawarkan untuk para operator taksi di Nusantara tersebut juga menggunakan mesin yang sama dengan Pride.

"Mesinnya sama dengan Kia Pride, 1.400 cc," papar dia. Namun dirinya menambahkan, sebenarnya di beberapa negara lain, ada juga Kia Rio yang menggunakan mesin 1.600 cc.

"Kalau ternyata ada konsumen pribadi yang menginginkan Rio bermesin 1.600 cc untuk digunakan sehari-hari, kita akan pertimbangkan untuk bawa juga ke Indonesia," katanya.

Namun ia memastikan bila dijual ke konsumen pribadi harga jual Kia Rio pasti akan melonjak, mengingat ketika mobil sedan digunakan untuk pribadi selain taksi maka akan terkena pajak bea masuk dan bea balik nama (BBN) yang berbeda dibanding sedan untuk taksi.

"Besarnya saya kurang hafal tapi pastinya selain bea masuk dan BBM kalau kita pasarkan sedan untuk konsumsi pribadi juga kena Pajak Penambahan Barang Mewah (PPnBM). Itu yang membuat harga Rio bisa mahal," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar