Sabtu, 30 Januari 2010

ATPM Diimbau Sediakan Lampu Motor yang Langsung Menyala

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akhirnya mengimbau agar para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor di Indonesia memberlakukan lampu utama yang menyala otomatis ketika mesin dihidupkan.

Demikian dipaparkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono ketika berbincang dengan sejumlah wartawan, Rabu (13/1/2010).

Dengan berlakunya aturan lampu motor wajib menyala disiang hari, kata dia, maka sebaiknya hal ini juga diikuti oleh para ATPM sepeda motor untuk menerapkan teknologi lampu yang menyala otomatis ketika mesin dihidupkan.

"Kita akan bicarakan itu dengan AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) agar bagaimana para ATPM sepeda motor ini menyediakan kendaraan yang lampunya bisa langsung menyala ketika mesinnya dihidupkan," kata dia.

Keinginan tersebut, papar Condro, agar tidak ada lagi alasan bagi pengendara sepeda motor untuk tidak menyalahkan lampu di siang hari. "Karena ini vital sekali bagi keselamatan pengendara itu sendiri," tambah dia.

Selain itu, imbauan untuk para ATPM menyediakan motor yang lampu utamanya langsung menyala ini, papar dia, juga untuk menepis anggapan bahwa kepolsian bekerja sama dengan para produsen bohlam lampu motor yang makin marak karena adanya anggapan lampu motor akan mudah rusak jika dinyalahkan terus menerus.

"Saya pikir para ATPM itu bisa menerapkan teknologi ini, karena di beberapa negara lain seperti di Thailand saja sudah menerapkan sistem ini," imbuhnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar