Selasa, 24 Agustus 2010

"Mudik Sepeda Motor Jangan Bawa Anak-anak"

berita
Mudik lebaran (Foto: Koran SI)
JAKARTA - Setiap menjelang akhir bulan puasa, sesuai tradisi biasanya dilakukan ritual mudik lebaran ke kampung halaman. Menghadapi tradisi tahunan tersebut, maka Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan pokok-pokok pikiran dan imbauan.

Berdasarkan perkiraan, jumlah pemudik tahun ini akan mencapai 2,2 juta orang, termasuk didalamnya adalah anak-anak. Untuk itu, KPAI mengimbau kepada semua pemudik untuk selalu menjaga dan memberikan perlindungan bagi anak-anak selama perjalanan mudik.

Demikian disampaikan oleh Ketua KPAI Hadi Supeno dalam siaran pers yang diterima okezone, Selasa (24/8/2010).

Khusus bagi pengguna sepeda motor, KPAI meminta agar tidak menyertakan anak-anak dalam perjalanan mudik sehubungan banyaknya laporan kecelakaan yang mengakibatkan anak-anak menjadi korban. Selain ancaman kecelakaan, perjalanan jauh dengan sepeda motor bisa mengganggu kesehatan anak, disamping dapat menimbulkan rasa takut karena padatnya lalu lintas.

KPAI meminta kepada seluruh jajaran aparat yang terkait baik pusat maupun daerah untuk memberikan jaminan keselamatan dan pelayanan yang prima agar tradisi mudik dapat berlangsung aman dan terkendali.
Sesuai data, jumlah kecelakaan selama mudik tahun 2009 lalu mencapai 1.444 kasus serta mengakibatkan korban meninggal, luka berat maupun ringan, termasuk didalamnya anak-anak. Untuk itu, KPAI meminta agar tahun ini seluruh jajaran aparat yang terkait untuk melakukan koordinasi dan langkah-langkah preventif yang lebih intensif, agar jumlah kejadian kecelakaan dapat ditekan.

KPAI menyerukan agar momentum mudik dapat dijadikan sebagai sarana bagi tiap keluarga untuk berkumpul, saling mempererat tali silaturahim antaranggota keluarga serta media bagi anak-anak untuk lebih dekat dengan keluarga serta sebagai media untuk mempertebal pengamalan nilai-nilai agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar