Minggu, 18 April 2010

Tak Berpuas Diri

Jika sudah menjadi yang terbaik, apa yang kerap kali dilakukan orang? Berpuas diri! Inilah respon kebanyakan orang. Jika kita selalu berpuas diri setelah mencapai prestasi yang hebat, atau ketika sudah menjadi yang terbaik, maka sesungguhnya kita bukanlah "The Winner". Mengapa? Ciri seorang pemenang sejati adalah tidak pernah berpuas diri. Pemenang sejati akan selalu mengupayakan agar potensi di dalam dirinya mencapai titik maksimal. Seperti yang kita ketahui bahwa pencapaian prestasi bukanlah soal kita mendahului orang lain, namun bagaimana kita "bersaing" dengan diri kita sendiri. Dengan kata lain, kita harus menjadi lebih baik dibandingkan hari kemarin.

Donal Trump sudah berhasil menjadi yang terbaik di dunia properti, bahkan dia dikenal sebagai raja properti. Meski demikian sampai hari ini Trump terus mengembangkan potensi dirinya begitu rupa.
Bill Gates sudah menjadi yang terkaya di seantero jagat, tapi sampai hari ini Bill Gates terus melakukan inovasi demi inovasi. Pikirkan bagaimana seandainya Thomas Edison berpuas diri ketika menemukan bola lampu, tentu dia tidak akan pernah menciptakan 1093 penemuan yang lain.

Sukses bagi mereka bukan soal uang, tapi bagaimana memaksimalkan potensi diri. Michaelangelo berkata, "The greatest danger of most of us is not that our aim is too high and we miss it, but it is too low and we reach it". Bahaya yang paling besar dalam diri kita bukanlah karena kita mempunyai target tinggi namun kita tidak bisa mencapainya, bahaya terbesar justru ketika kita mempunyai target yang terlalu rendah dan kita telah berhasil mencapainya. Hasilnya kita akan cepat berpuas diri dan enggan untuk memaksimalkan potensi lain yang kita miliki.

Tuhan mengaruniakan kepada kita sejumlah potensi yang luar biasa, oleh karena itu janganlah kita terlalu cepat berpuas diri ketika sudah menjadi yang terbaik. Ingat, tanggung jawab kita kepada Sang Khalik bukanlah ketika kita sudah menjadi "juara pertama", urusan kita denganNya adalah bagaimana mengupayakan talenta yang dipercayakan kepada kita terus berkembang, berkembang, dan berkembang. Jangan berpuas diri dan tetaplah bekerja keras.



TETAP SEHAT DAN TETAP SEMANGAT...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar