Minggu, 13 Februari 2011

Perbedaan Program Sistem dengan Program Lain

Program Sistem adalah segala jenis perangkat lunak yang dibutuhkan untuk pembentukan suatu sistem baru atau perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan program aplikasi tetapi tidak ditujukan untuk suatu aplikasi khusus.
Contoh dari program sistem ini adalah sistem operasi, compiler, dan program untuk pengeditan text.

Program sistem ini termasuk diantaranya adalah:
  • sistem yang digunakan untuk pengontrolan terhadap ekseskusi dari program lainnya, seperti system operasi.
  • sistem yang digunakan pada lingkungan perangkat lunak itu sendiri, seperti command-line interpreter, window system, desktop,
  • sistem yang digunakan sebagai alat bantu untuk membangun sistem lainnya, seperti assembler, compiler, linkers, libraries, interpreter, cross-reference generator, version control, make, debugging, profiling, dan alat bantu untuk monitor.
  • program utility seperti untuk proses pengurutan data, pencetakan dan pengeditan.

Program sistem dapat dibagi ke dalam tiga klasifikasi, yaitu:
1. sistem operasi
2. program utilitas
3. program khusus

Sebuah komputer dapat memiliki satu atau beberapa sistem program. Sebuah sistem operasi untuk sebuah komputer dapat saja sangat khusus untuk model atau keluarga komputer, atau ada pula sistem operasi yang dapat digunakan di berbagai jenis komputer.

Produk program lainnya adalah misalkan saja program aplikasi adalah suatu perangkat lunak yang mampu memanfaatkan kemampuan komputer untuk melakukan tugas yang diingkan oleh user (Pengguna) atau biasa kita sebut adalah sebuah SOFTWARE.
Contohnya :
*Ms. Office (2000, 2007, 2010,dll)
*Mozilla
*Winamp


Tidak ada komentar:

Posting Komentar