Sabtu, 30 Januari 2010

Akhir 2010 Lampu Motor akan Otomatis Menyala


JAKARTA - Anjuran para agen tunggal pemegang merek (ATPM) untuk menerapkan teknologi lampu motor yang langsung menyala begitu mesin dihidupkan langsung ditanggapi.

PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai ATPM motor Honda misalnya, siap jika diminta untuk menyediakan produk yang seperti itu.

"Kita sih siap saja kalau memang diminta untuk menyediakan produk dengan lampu yang langsung menyala ketika mesin dihidupkan tersebut," tegas Senior General Manager of Sales Division AHM, Sigit Kumala ketika dihubungi okezone.

Namun, katanya, imbauan ini harus dilakukan secara seragam diterapkan kepada seluruh pemegang merek sepeda motor dan diberlakukan di seantero Tanah Air.

"Jangan sampai aturan ini cuma untuk di Jakarta saja, sementara di luar itu tidak apa-apa. Kita kan tidak mungkin produksi motor yang sebagian lampunya langsung menyala tapi sebagian lagi harus pakai saklar on/off," tambah Sigit.

Dirinya mengaku, keinginan untuk menerapkan teknologi lampu motor yang langsung menyala ini bukan hal sulit dilakukan AHM. Sebab dibeberapa negara Asia seperti Thailand, juga sudah menerapkan sistem tersebut. "Di Thailand saja sudah, jadi tidak terlalu sulit untuk diterapkan juga disini," katanya.

Bila pemerintah, khususnya Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya konsisten menerapkan aturan lalu lintas baru ini, Sigit memperkirakan, sekira akhir tahun 2010, semua motor produksi Honda sudah bisa menerapkan teknologi lampu yang menyala otomatis ketika mesin dihidupkan.

Nyalakan Lampu Motor Tidak Bikin Aki Tekor

JAKARTA - Sebenarnya aturan menyalahkan lampu motor di siang hari sudah lama digaungkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Namun para bikers mengeluhkan tindakan ini punya dampak negatif bagi kuda besi mereka.

"Lampu motor jadi gampang putus, aki juga mudah tekor," demikian kira-kira anggapan mereka ketika aturan ini mulai disosialisasikan pertengahan tahun lalu. Benarkah demikian?

Promotion Supervisor PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Indra Dwi Sunda menegaskan, anggapan itu salah besar. Menurutnya, kekuatan lampu utama dan aki sudah diatur sedemikian rupa agar tidak merugikan dipakai dalam waktu yang relatif lama.

"Itu kan sudah jadi pertimbangan kita sebagai produsen motor untuk menghitung bagaimana supaya teknologi tersebut tidak merugikan pengendara motor sendiri," katanya.

Ia juga mengaku pernah mendapat masukan yang sama ketika aturan menyalahkan lampu motor ini pertama kali digaungkan. "Lalu saya tanya ke bagian teknis, ternyata soal lampu mudah rusak atau aki cepat tekor itu karena masalah yang ada pada kendaraan mereka sendiri," paparnya.

Sebab, menurut dia, lampu motor sudah diperhitungkan desainnya untuk bekerja dalam waktu tertentu dan didesain ketahanannya. Sementara aki, bagian ini akan mengisi secara otomatis ketika mesin bekerja. "Jadi tidak mungkin aki tekor gara-gara nyalahkan lampu," tegas Indra.

Dirinya juga berujar motor yang lampunya menyala otomatis ketika mesin menyala juga sudah diterapkan di Thailand. "Toh mereka tidak mengeluh aki motornya tekor," tutupnya

ATPM Diimbau Sediakan Lampu Motor yang Langsung Menyala

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akhirnya mengimbau agar para agen tunggal pemegang merek (ATPM) sepeda motor di Indonesia memberlakukan lampu utama yang menyala otomatis ketika mesin dihidupkan.

Demikian dipaparkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Condro Kirono ketika berbincang dengan sejumlah wartawan, Rabu (13/1/2010).

Dengan berlakunya aturan lampu motor wajib menyala disiang hari, kata dia, maka sebaiknya hal ini juga diikuti oleh para ATPM sepeda motor untuk menerapkan teknologi lampu yang menyala otomatis ketika mesin dihidupkan.

"Kita akan bicarakan itu dengan AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) agar bagaimana para ATPM sepeda motor ini menyediakan kendaraan yang lampunya bisa langsung menyala ketika mesinnya dihidupkan," kata dia.

Keinginan tersebut, papar Condro, agar tidak ada lagi alasan bagi pengendara sepeda motor untuk tidak menyalahkan lampu di siang hari. "Karena ini vital sekali bagi keselamatan pengendara itu sendiri," tambah dia.

Selain itu, imbauan untuk para ATPM menyediakan motor yang lampu utamanya langsung menyala ini, papar dia, juga untuk menepis anggapan bahwa kepolsian bekerja sama dengan para produsen bohlam lampu motor yang makin marak karena adanya anggapan lampu motor akan mudah rusak jika dinyalahkan terus menerus.

"Saya pikir para ATPM itu bisa menerapkan teknologi ini, karena di beberapa negara lain seperti di Thailand saja sudah menerapkan sistem ini," imbuhnya

Kawasaki Ninja 1000R Baru Segera Hadir

TOKYO - Bila di Indonesia Kawasaki Ninja 600R baru hadir sekira tahun depan, maka untuk pasar Eropa, produsen motor Jepang ini malah menghadirkan generasi terbaru Ninja 1000R atau yang mereka sebut ZX-10R.

Kawasaki ZX-10R masih merupakan keluarga dari Ninja, seperti halnya ZX-6R. Namun model terbaru ini dibekali mesin 1.043 cc yang lebih powerfull.

Seperti dikutip dalam situs resminya, Kamis (8/10/2009) dengan sedikit ubahan pada teknologi dapur pacunya, Ninja 1000R ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 136 bhp dengan torsi mencapai 81 lb-ft.

Untuk rangkanya, kini produsen motor yang terkenal dengan warna hijau tersebut memilih bahan aluminium, sementara sistem suspensi dan rem didesain ulang dari generasi sebelumnya.

Dengan penggunaan rangka yang ringan namun kokoh itu, berat kering motor yang akan berhadapan dengan ducati Streetfighter dan MV Agusta Brutale 1090RR ini mencapai 198,2 Kg.

Rencananya Z1000 akan diperkenalkan ke depan publik untuk pertama kalinya di ajang NEC Motorcycle Show di Inggris November 2009 mendatang.

Suzuki GSR250, Saingan Baru Kawasaki Ninja

LONDON - Penggemar motor gede (moge) Suzuki sepertinya harus bersiap-siap menyambut kedatangan generasi terbaru GSR.

Rumor yang beredar, pabrikan jepang ini akan segera merilis GSR250. Ya, lebih kecil dibandingkan GSR generasi sebelumnya, sebab motor ini memang ditujukan untuk entry level.

Seperti dikutip dari Visordown, Senin (7/9/2009), sesuai namanya, Suzuki GSR250 tidak lagi dibekali mesin big bang 600 cc, melainkan 250 cc.

Memang belum ada spesifikasi resmi mengenai GSR250 ini, namun dari gambar yang tersaji, desainnya menggabungkan antara B-King dan GSR600. "Tapi terlihat lebih ramping," tulis situs tersebut.

Bentuk jok juga dibuat lebih lebar dan lebih nyaman dibandingkan GSR600. ada juga panel-panel ibnstrumen yang kini menggunakan LCD digital. Terlihat lebih mewah.

Sementara itu, tenaga maksimum yang kemungkinana dicapai yakni sekira 30 bhp, yang disokong oleh mesin berteknologi DOHC liquid-cooled fuel injected.

Meski belum ada keterangan resmi berapa harga GSR250 ini bakal dilempar kepasaran, namun sepertinya pada 2010 mendatang, panggemar Suzuki di Brazil akan jadi konsumen pertama yang bisa menikmati moge ini

Bebek Baru Kawasaki Resmi Meluncur

JAKARTA- Setelah lebih dulu muncul di diler-diler resmi Kawasaki, akhirnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan secara resmi bebek Kawasaki Edge.

Mengambil tema "The Brave Heart is Born", peluncuran bebek sport anyar tersebut akan dihelat di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (30/1/2010).

Kawasaki sepertinya ingin lebih berkibar di segmen motor tipe cub (bebek) yang selama ini dikuasai Honda dan Yamaha. Sebab Edge bukan hanya dibekali desain bodi baru tapi juga mesin yang juga anyar.

Dapur pacu 112 cc 4-tak SOHC yang diusungnya terasa selaras dengan desain bodi meruncing yang disandang Edge. Mengingat tenaga maskimum yang mampu diraih kini mencapai 8.30 hp pada 8.000 rpm, dengan torsi maksimal 8,13 Nm di 6.500 rpm.

Agar lebih mampu menggedor kompetitornya, Edge dibanderol Rp 12,9 juta untuk yang tipe pelek jari-jari (spoke) dan Rp13,8 juta untuk yang pelek racing (CW).

Carlsson C25, Cuma 25 Biji

Autos - Mobil




JERMAN- Satu lagi mobil super sport yang lahir dalam edisi terbatas. Kali ini datang lewat Carlsson C25 yang kabarnya hanya diproduksi 25 unit di dunia.

Seperti dikutip dari Autoevolution, mobil sport berpintu model gullwing ini sebenarnya memiliki sasis yang sama dengan Mercedes-Benz SL 600 Super GT.

Hanya saja jeroannya menggunakan mesin 6.0 liter V12 Bi-turbo yang mampu menyemburkan tenaga hingga 753 Hp dengan torsi mencapai 1.320 Nm. Dahsyat!

Carlsson sebenarnya selama ini dikenal sebagai rumah modifikasi untuk mobil-mobil keluaran Mercedes-Benz. Karena itu tak heran mereka juga terinspirasi dari pabrikan Jerman tersebut.

Yang bikin mobil super sport ini istimewa selain tenaga yang disandangnya yakni, pihak produsen hanya akan menyediakan 25 unit C25. "Kami hanya membuat sesuai pesanan, dan untuk tahun ini sudah habis dipesan," kata CEO Carlsson Markus Schuster.

Dia bahkan sesumbar, mobil super sport ini tidak hanya memiliki daya yang lebih dari cukup, namun juga nyaman dikendarai untuk sehari hari.

"Mobil ini masih sah-sah saja jika Anda gunakan untuk perjalanan dari rumah menuju kantor. Dan bila sesekali ingin memacunya habis-habisan, maka bukan jadi halangan bagi C25

Ini Dia Wujud Asli Suzuki Splash



JAKARTA - Meski belum resmi diluncurkan, akhirnya wujud asli Suzuki Splash yang bakal segera dipasarkan di Tanah Air terungkap sudah.

Belum lama ini okezone mendapati Suzuki Splash tengah diparkir di markas PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dibilangan MT Haryono, Jakarta.

Melihat sosoknya, dimensi Splash sedikit lebih besar dibanding New karimun Estilo namun lebih kecil dari SX-4. Artinya Splash bisa dikategorikan sebagai mobil perkotaan.

Bagian muka dan tampak tak jauh berbeda dibanding Suzuki Ritz yang beredar di India. Bentuk bonet lebih besar dibanding New karimun Estilo. Sementara bagian belakangnya tampil futuristik dengan desain stoplamp yang diletakkan memanjang ke atas.

Meski tidak bisa masuk ke dalam kabin, namun kami berhasil melongok kebagian interior. Dashboard Splash tampil futuristik. Apalagi adanya tambahan tachometer yang diletakkan terpisah pada bagian atas dahsboard membuat mobil ini tampil berbeda dibanding mobil keluaran Suzuki lainnya.

Namun desain kemudi masih terinspirasi dari New karimun Estilo yang diluncurkan SIS tahun lalu. Sistem audio yang dijejalkan, juga hampir sama dengan New Karimun Estilo, SIS juga memilih head unit single CD.

Untuk urusan kaki-kaki, Suzuki memilih pelek berukuran lebih besar dibanding New Karimun Estilo. Hal tersebut tentunya membuat tampilan Splash lebih sporty.

Dengan 'penampakan' seperti ini, maka tak salah SIS sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Suzuki berharap, Splash bisa menggebrak pasar kendaraan roda empat di Indonesia

Kamis, 28 Januari 2010

Pilih-Pilih Aksesoris Mobil Bergaya JDM

Populasi Honda Jazz yang sangat banyak di Indonesia membuat beberapa pihak menyediakan aksesoris untuk hatchback Jepang tersebut.

Apalagi Jazz identik dengan anak muda yang hobi memodifikasi, maka asesoris untuk modifikasi Honda Jazz pun segudang. Mau bergaya Elegant, racing, atau bahkan Ekstreem sekalipun bisa.

Nah, untuk Anda yang mau mengubah tampilan Honda Jazz bergaya Japanes Domestik Market (JDM), PT Morenahama Indonesia (MI) mungkin bisa jadi acuan Anda.

Sebab, perusahaan ini sudah beberapa tahun belakangan menjadi distributor unuk asesoris mobil-mobil Jepang termasuk Jazz, langsung dari negara asalnya.

"Kalau mau modifikasi bergaya JDM baik yang elegant atau racing, semua asesorisnya harus dari Jepang," tutur Marketing Manager MI Anthony Pratama ketika ditemui di Hall B JIExpo Kemayoran, Jakarta dalam gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2009.

Pihaknya, kata Anthony, menyediakan asesoris Jazz JDM, antara lain bodykit, peleg, lampu depan dan belakang, knalpot dan suku cadang lain dari Negeri Sakura. "Sebenarnya asesoris mobil Jepang lain pun kita punya seperti Freed, tapi yang paling banyak dicari untuk Honda Jazz," katanya.

Untuk tampil bergaya JDM, kata dia, setidaknya konsumen membutuhkan biaya mulai dari Rp15 juta. "Ga terlalu ekstreem tapi semuanya dari Jepang," ujarnya.

Selain sebagai penyedia asesoris mobil, MI juga menyediakan majalah-majalah automotif yang juga didatangkan langsung dari Negeri Matahari Tebit tersebut. "Semuanya kita berikan buat yang maniak mobil Jepang," pungkas dia.

Rio Taksi Juga Dipermak Kia

JAKARTA- Sedan Kia Rio yang selama ini banyak dipakai sebagai armada taksi ternyata tak luput dari perhatian PT Kia Mobil Indonesia (KMI). Rio baru pun disiapkan untuk tahun ini.

Director KMI Hartanto Sukmono menyebutkan, New Kia Rio akan hadir di Indonesia semester pertama tahun ini. "Sama seperti Pride, kita akan hadirkan tidak lama lagi," ucapnya di sela acara Kia Media Gathering di Mall of Indonesia, Jakarta, Rabu (27/1/2010).

Selain jadwal peluncuran yang hampir berdekatan dengan Kia Pride, sedan yang juga rencananya bakal ditawarkan untuk para operator taksi di Nusantara tersebut juga menggunakan mesin yang sama dengan Pride.

"Mesinnya sama dengan Kia Pride, 1.400 cc," papar dia. Namun dirinya menambahkan, sebenarnya di beberapa negara lain, ada juga Kia Rio yang menggunakan mesin 1.600 cc.

"Kalau ternyata ada konsumen pribadi yang menginginkan Rio bermesin 1.600 cc untuk digunakan sehari-hari, kita akan pertimbangkan untuk bawa juga ke Indonesia," katanya.

Namun ia memastikan bila dijual ke konsumen pribadi harga jual Kia Rio pasti akan melonjak, mengingat ketika mobil sedan digunakan untuk pribadi selain taksi maka akan terkena pajak bea masuk dan bea balik nama (BBN) yang berbeda dibanding sedan untuk taksi.

"Besarnya saya kurang hafal tapi pastinya selain bea masuk dan BBM kalau kita pasarkan sedan untuk konsumsi pribadi juga kena Pajak Penambahan Barang Mewah (PPnBM). Itu yang membuat harga Rio bisa mahal," katanya.

Yamaha V-ixion Facelift


  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image0.jpg
  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image1.jpg
  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image2.jpg
  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image3.jpg
  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image4.jpg
  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image5.jpg
  • /images-data/photo/2010/01/12/15/4400/image6.jpg

detail

Tanpa seremoni khusus, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) ternyata telah meluncurkan V-ixion facelift. Dengan perubahan pada bentuk lampu depan, rangka deltabox yang kini berkelir hitam, serta striping baru, motor sport anyar ini dibanderol Rp500 ribu - Rp1 juta lebih mahal dibanding generasi sebelumnya.

GL 100 1985 Pecundangi Motor Ekstrim

Modifikasi yang cenderung esktrim ternyata membuat gerah Ari Guritno. Pemilik Darizt Design ini ingin mengubah cara modifikasi motor melalui Honda GL 100 lansiran 1985 miliknya.

"Modif itu harus yang berkonsep dan bisa dipakai sehari-hari, jangan kebablasan," tegas pria berbadan subur ini. Dia pun menambahkan, daripada bikin motor monster, lebih baik bikin motor yang resik.

Karenanya, dari motor tersebut hanya bagian mesin yang disisakan dalam bentuk sebagaimana aslinya. Selain mesin, semua dia rancang ulang.

Mulai dari rangka, lengan ayun, suspensi, tanki bahan bakar, handle bar, pelek, saluran gas buang, hingga bagian-bagian kecil seperti side stand, lampu depan, dan jok.

"Saya merasa tertantang untuk merubah mesin tua yang selama ini dianggap tidak punya nilai dimata sebagian orang menjadi satu karya yang maksimal," tuturnya.

Semua rancang bangun itu ia garap di bengkel yang berada di bilangan Sariharjo Ngaglik, Selman, Yogyakarta itu selama empat bulan.

Viar Kenalkan Vix-R ke Masyarakat Payakumbuh

PAYAKUMBUH - Setelah diluncurkan di Semarang, PT Triangle Motorindo melakukan roadshow untuk memperkenalkan motor sport terbaru mereka Viar Vix-R.

Sebagai tahap awal, Vix-R diluncurkan di hadapan masyarakat Payakumbuh, Sumatera Barat, akhir pekan lalu.

Dengan dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh, Syamsul Bahri didampingi oleh Marketing Divison Head PT Triangle Motorindo bapak A.Z Dalie, Direktur PT Jaya Lima Sekawan, Toni Wijaya, Regional Marketing Manager Sumbargut, Masgus Budhiwan, Viar Vix R dilepas dengan harga Rp14.5 juta.

"Kita terapkan program menarik selama launching, yakni potongan harga sebesar Rp100 ribu bagi pembeli ditempat selama pameran tujuh hari setelah launching," ujar Marketing Communication PT Triangle Motorindo, Marzuki, dalam rilisnya yang diterima okezone, Senin (25/1/2010).

Setelah Sumatera Barat, pemegang merek sepeda motor Viar ini juga akan melakukan peluncuran di beberapa kota di tanah Air seperti Jambi, Palembang, Lampung, Medan, Bandung, Tasik, Cirebon dan Makasar.

Selasa, 26 Januari 2010

Aprilia RS125, Motor Balap untuk Pemula

ROMA - Produsen sepeda motor Italia Aprilia memperkenalkan motor sport generasi terbaru, RS125, mengusung mesin silinder tunggal dua tak. Dirancang khusus untuk mereka yang ingin merasakan sensasi balap ala MotoGP.

Fitur dengan rancangan terbaru seperti rumah mesin, anti getaran pada batang stabilisator dan sistem otomatis pencampur oli dengan bahan bakar melekat ditubuh RS125. Transmisi enam percepatan mampu menghentakan tenaga pada roda belakang dengan rancangan rasio yang dapat menyesuaikan kondisi lintasan jalan manapun.

Agar lebih memuaskan pemakainya, desain shockbraker depan maupun belakang mengikuti konfigurasi seperti yang digunakan pada stelan Grand Prix. Dengan begitu penggunanya akan lebih stabil disaat melakukan manufer. Terlebih bentuk bodi begitu aerodinamis.

Sementara itu, sejumlah kompenen standar juga terdapat di RS125. Mulai dari velg alloy alumunium, kaliper rem radial hingga pijakan kaki ala balap. Secara keseluruhan rancangan penampilannya mengadopsi Aprilia 250 cc, N.1 yang dipakai pada musim balap 2006 dan 2007.

Motor yang ditujukan bagi para pemula atau pemburu pengalaman baru ini, dibandrol dengan harga USD5.499 atau sekira Rp53,9 juta dan bisa dipesan melalui dealer Aprilia Amerika Serikat.

Versi Murah Superbike Aprilia

IMOLA - Aprilia akhirnya meluncurkan RSV4R terbaru yang merupakan versi murah dari Aprilia RSV4 Factory yang sebelumnya telah ada lebih dulu.

Seperti dikutip dari Topspeed, Senin (28/9/2009), prosesi peluncuran dilakukan oleh pembalap Superbike (SBK) Aprilia, Max Biaggi di sirkuit World Superbike Championship Imola, Italia.

Meski merupakan versi rendah dari RSV4, namun RSV4R masih sanggup menyemburkan daya sebesar 180 bhp pada 12.500 rpm dan torsi 85 lb-ft pada 10.000 rpm. Ini mungkin akibat RSV4R masih menggunakan struktur mesin yang sama dengan versi RSV4 Factory.

Mesin berkapasitas 999 cc V4 dual injector pada tiap silindernya, serupa masih tetap digunakan Aprilia SBK. Pun demikian dengan rangka dan lengan ayun yang yang dipilih keluaran Showa bukan Ohlin, namun dijamin agar kestabilan motor tetap mumpuni ditiap kondisi trek.

Demi menekan harga jual, Aprilia mengganti beberapa bagian dengan bahan lain. Seperti beberapa bagian body yang menggunakan serat karbon, diganti plastik, juga pelek yang aslinya berbahan magnesium kini menggunakan aluminium.

Akibatnya, motor yang hadir dengan hanya pilihan warna hitam dan putih ini lebih berat sekira 5 kg dari versi sebelumnya. Meski belum mengungkapkan berapa harga resmi Aprilia RSV4 versi jalan raya ini, namun kabarnya, motor sport ber DNA SBK tersebut dilepas lebih murah dari RSV4 Factory.

Aprilia Recall RSV4

WASHINGTON - Produsen motor sport Aprilia mengirimkan imbauan kepada para pemilik RSV4 di Amerika Serikat (AS) untuk segera memperbaiki tunggangan kesayangan mereka ke diler resmi Aprilia.

Sebab, pabrikan roda dua Italia tersebut mensinyalir ada kerusakan mesin yang terjadi pada sebagian produksi Aprilia RSV4 yang dijual di AS.

Namun, seperti dikutip Motorcycle.com, Senin (25/1/2010) Aprilia tidak menyebut apakah RSV4 atau RSV Factory yang di tarik kembali (recall). Sebab keduanya menggunakan meisn yang mirip.

"Pemilik motor tersebut diharapkan tidak mengendarai Aprilia RSV4 sampai perbaikan selesai dilakukan," tulis situr khusus penggemar kuda besi itu.

Aprilia di Italia melansir, diduga ada beberapa komponen pada sejumlah mesin RSV4 yang diproduksi untuk rentang waktu tertentu yang tidak memenuhi standar kualitas.

Sayangnya, pihak pabrikan tidak menjelaskan apa bagian yang dimaksud. Sumber di Aprilia hanya menyebut, bahan yang kurang berkualitas tersebut bisa menimbulkan kerusakan fatal pada mesin motor sport itu dimasa mendatang.

Pihak Aprilia AS, kabarnya sudah mulai mengontak para konsumennya untuk segera membawa tunggangannya ke diler resmi Aprilia dan segera melakukan perbaikan pada komponen yang bermasalah tadi.

Yamaha Ingin Bangkitkan Lagi RX King

NEW DELHI - Penggemar motor Yamaha RX King wajib gembira, sebab Yamaha Motors kabarnya akan menghidupkan kembali sang legenda RX King.

Tapi tahan dulu, itu baru niat dari Yamaha Motors India. Seperti dikutip dari Indiaon2weels, Jumat (22/1/2010), Yamaha RX100 di India sana atau yang di Indonesia dikenal dengan RX King, akan kembali dihidupkan.

"Kami sedang mencari produk yang bisa menggantikan RX100," ujar National Business Head India Yamaha Motor, Pankaj Dubey.

Sebab, kata dia, RX100 ini merupakan sepeda motor Yamaha dengan penjualan terbaik di India. Bahkan, katanya, motor tersebut hingga saat ini sangat digemari oleh pecinta roda dua.

Namun Dubey menambahkan, Yamaha India tidak akan menghadirkan RX King bermesin 2-tak, melainkan versi mesin 4-tak. Sayangnya ia belum menyebutkan kira-kira berapa kapasitas silinder yang bakal diusung next generation RX tersebut agar menyamai kemampuan RX100 2-tak.

Di Indonesia sendiri, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sendiri pertengahan tahun lalu telah memutuskan untuk tidak lagi memproduksi RX King untuk pasar domestik.

Tata Nano Seharga Lamborghini?

NEW DELHI - Semua orang mungkin tahu Tata Nano merupakan mobil paling murah sejagad. Tapi apa jadinya jika mobil asal India itu dimodifikasi hingga harganya mirip dengan Lamborghini atau Ferrari?

Rumah modifikasi D.C Design-lah yang berhsil memodifikasi Tata Nano secara total. Dan kabarnya mereka sampai rela menghabiskan dana hingga USD220.000 (sekira Rp203 miliar)!

"Kami sebenarnya ingin menjaga agar harga mobil tetap murah, tapi dengan teknologi yang kita masukkan ke dalam mobil tersebut, biaya yang kita keluarkan itu jadi masuk akal," ujar Kepala tim modifikasi Dilip Chhabaria, seperti dikutip dari Paultan, Jumat (8/1/2010).

Dilip yang juga spesialis modifikasi untuk beberapa kendaraan para selebritis Bollywood seperti Shah Rukh Khan dan Anil Kapoor, juga mengatakan bentuk asli Tata Nano sengaja dipertahankan.

Namun ditambahkan front bumper baru yang lebih besar dengan grill lebar. Membuatnya terlihat melar dari bentuk muka Tata Nano aslinya. Selain itu, fender juga terpaksa di wide body dan bertambah beberapa inci guna menjejalkan pelek 20 inci pada keempat rodanya.

Sementara dibalik bonet, mesin 624 cc dua silinder digantikan dengan dapur pacu 1.600 cc. Tim modifikator menargetkan Tata Nano yang baru ini sanggup tembus hingga kecepatan maksimum 200 km/jam.

Selain itu Chhabaria beserta timnya juga menambahkan sederet peralatan IT paling mutakhir didalamnya. "Idenya untuk membiarkan pemakai mobil ini merasakan kecanggihan teknologi IT India yang mampu bersinergi dengan industri automotif," tambah dia.
Mungkin inilah Tata Nano paling mahal sejagad!

Modifikasi Jangan Abaikan Perangkat Keselamatan!


JAKARTA - Punya ide modifikasi boleh-boleh saja, tapi kalau sampai mengabaikan perangkat-perangkat keselamatan berkendara, itu baru yang tidak boleh.

Bahkan Kepala Seksi Pelatihan Pendidikan Masyarakat Lantas Polri AKBP Subono menegaskan akan pentingnya perangkat keselamatan tersebut saat berkendara.

"Modifikasi harus tetap mempertahankan perangkat keselamatan seperti lampu, sein, spion dan sabuk pengaman," tegas dia.

Sebab, menurut dia perangkat-perangkat inilah yang menjadi alat bantu tubuh pengendaranya saat berkendara di jalan raya.

Dia mencontohkan, spion misalnya, untuk para pengendara sepeda motor, alat ini merupakan perpanjangan mata pengemudinya. "Ketika ingin belok tentu kita bisa melihat spion, tapi kalau tidak ada spion kita seperti buta tidak bisa melihat ke kiri atau ke kanan," paparnya.

Begitu pula untuk lampu sein. Dengan adanya lampu sein maka bisa jadi tanda kita kepada pengendara lain bahwa kita ingin berbelok. "Celakanya banyak sekali pengendara kendaraan bermotor yang tidak menyertai lampu sein atau ada lampu sein tapi tidak digunakan," tegas Subono.

Pun demikian untuk sabuk keselamatan, jangan sampai modifikasi malah menghilangkan sabuk keselamatan. "Dan kalau ada sabuk keselamatan tetap harus dipakai, apalagi kalau mobilnya sudah dimodifikasi mesinnya sehingga makin kencang," tutur Agus.

Karena itulah, apapun tunggangan Anda yang ingin dimodifikasi ia berpesan agar modifikasi jagan sampai kebablasan, dan kendaraan Anda harus tetap disertai perangkat-perangkat keselamatan.

Tips Pengendara Motor Bonceng Anak-Anak


JAKARTA - Meningkatnya jumlah pengendara motor yang mengikut sertakan anak-anaknya harus sejalan dengan kesadaran akan keselamatan berkendara. Terkadang pengguna sepeda motor kurang memperhatikan saat membonceng anak selama perjalanan.

Berikut tips dari Departemen Perhubungan Republik Indonesia ketika membonceng anak agar selamat dan nyaman sepanjang perjalanan.

Pertama, usahakan tidak membawa anak lebih dari satu. Sebab idealnya sepeda motor hanya dapat dimuati oleh dua orang, pengemudi dan pembonceng.

Kedua, sebisa mungkin anak harus dibonceng di belakang dengan kedua kaki berpijak pada footstep dengan sempurna. Kemudian tangan anak berpegangan pada pinggang atau perut pengendara dengan kuat.

Jika kaki anak Anda belum bisa mencapai footstep, anak dapat didudukkan di depan dengan motor tipe bebek, sehingga kaki anak dapat menjejak. Pada posisi ini, sebaiknya anak Anda berpegangan pada stang bagian dalam sehingga tidak mengganggu gas, grip atau sistem kemudi.

Ketiga, lengkapi anak dengan peralatan keselamatan berkendara, seperti helm fullface atau open face yang pas dengan ukuran kepalanya, kacamata, jaket, masker untuk pernafasan, celana panjang, dan sepatu.

Bila semua telah dipersiapkan, langkah terakhir yakni berkendaralah dengan aman, patuhi seluruh rambu lalulintas yang ada, agar Anda dan si buah hati selamat sampai tujuan.

Tip Berkendara Saat Hujan

JAKARTA - Musim hujan memang kadang menjadi hal menyebalkan bagi kita sebagai pengendara. Bukan cuma kendaraan jadi kotor, namun hujan memperbesar risiko terjadinya kecelakaan.

Kewaspadaan mesti ditingkatkan penuh saat hujan. Selain daya pandang berkurang, jalanan juga jauh lebih licin dari biasanya. Belum lagi, mata menjadi cepat lelah di kondisi seperti ini.

Berikut beberapa tip dari Garda Oto untuk meminimalkan risiko kecelakaan saat hujan.

1. Tambah jarak aman

Kalau normalnya saat kering kita harus menjaga jarak 2 detik ke mobil depan, pada saat hujan tingkatkan menjadi 3 detik. Cara menghitungnya, gumamkan 1001...1001...1003 secara normal, ketika mobil depan mencapai suatu tanda di jalan, misalnya tiang listrik. Bila sebelum mencapai kata ‘1003’ mobil Anda sudah sampai ke tanda itu, berarti terlalu dekat dan mesti menyesuaikan jarak kembali. Jarak aman ini sangat penting, karena saat basah jarak pengereman menjadi jauh lebih panjang walau mobil telah dilengkapi ABS sekalipun.

2. Hindari manuver mendadak

Manuver mendadak meliputi akselerasi, pengereman dan belok, sebaiknya dihindari. Di jalan licin, manuver itu mudah membuat mobil tak terkendali. Kendalikan mobil lebih halus dari biasanya.

3. Nyalakan lampu, bukan hazard

Menyalakan hazard ketika hujan adalah kesalahan besar. Hazard membuat mata pengemudi di belakang kita cepat lelah karena kedipan terangnya. Selain itu, Hazard membuat kita tak bisa mengaktifkan lampu sein saat hendak pindah jalur, juga mengakibatkan kepekaan pengendara di belakang terhadap lampu rem di mobil kita menjadi berkurang. Risiko tertabrak dari belakang pun semakin besar. Bila hujan sangat lebat, nyalakan lampu kabut atau lampu besar normal. Ini saja sudah cukup.

4. Bila di tol, hindari jalur kanan

Karena kontur jalan tol sedikit cembung, maka berkendara di jalur kanan membuat Anda rentan menabrak genangan air. Ini bisa membuat mobil hilang kendali. Selain itu, ketika di jalur kanan, Anda dengan mudahnya terkena cipratan air dari jalur seberang, dan ini akan sangat mengganggu daya pandang.

5. Hati-hati ban mengunci

Bila kita terpaksa mengerem mendadak dan mobil tak dilengkapi ABS, waspadai gejala ban mengunci. Begitu ban terasa mengunci, kurangi sedikit injakan rem sampai roda berputar kembali. ketika ban mengunci, mobil tak bisa dikendalikan dengan setir dan jarak pengeremannya makin panjang.

6. Jangan menerobos banjir

Ketika kita berkendara pada saat hujan dan bertemu dengan genangan air atau banjir lebih baik menghindar dan mencari tempat yang aman.

Mobil 'Gangster' Johnny Depp Dilelang

Foto: aceshowbiz

ARIZONA - Ford Coupe 1930 yang pernah digunakan Johnny Depp dalam film "Public Enemies" dilelang dalam sebuah balai lelang di Arizona, Amerika Serikat (AS).

Selain pernah muncul di film, ternyata mobil tersebut benar-benar pernah digunakan gangster-gangster John Dillinger, Hommer Van Meter dan John Hamilton untuk melarikan diri dari sergapan FBI di Little Bohemia, Wisconsin pada 1930-an.

Mobil ini juga rencananya akan dipajang dalam acara tahunan Barrett-Jackson Collector Car ke-39, yang akan diadakan di Scottsdale, 18-24 Januari 2010.

"Ini mobil yang menjadi bagain sejarah gangster Amerika, dan menjadi bagian dari legenda Dillinger. Selain itu mobil ini juga pernah digunakan Johnny Depp dalam film tentang Dillinger," ujar President Barrett-Jackson, Steve Davis, seperti dikutip okezone dari aceshowbiz.com

Ford tersebut telah direstorasi pada 2007 supaya tampil apik dalam film "Public Enemies". Namun beberapa bagian tetap dipertahankan seperti lobang pada bodi bekas tembakan.